Pakar! Sebulan Sariawan Bisa Jadi Tanda Kanker Mulut

Ilustrasi

Dari sisi pencegahan, belum ada cara yang terbukti ampuh untuk mencegah kanker mulut. Namun, Anda dapat mengurangi risiko kanker mulut yakni berhenti merokok, konsumsi minumlah beralkohol, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan ke bibir Anda.

Selain itu, lindungi kulit bibir Anda dari sinar matahari dengan tetap berada di tempat teduh jika memungkinkan. Anda bisa mengenakan topi bertepi lebar untuk menaungi seluruh wajah Anda, termasuk mulut Anda. Oleskan produk bibir tabir surya sebagai bagian dari rutinitas perlindungan matahari Anda.

Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur untuk mendapatkan pemeriksaan gigi rutin, sekaligus meminta dokter memeriksa seluruh mulut Anda untuk mencari area abnormal yang mungkin mengindikasikan kanker mulut atau perubahan prakanker.

Di sisi lain, Rusmawati juga menyarankan Anda menjaga kesehatan mulut melalui gerakan periksa mulut sendiri (samuri) dengan langkah-langkah berikut: mencuci tangan hingga bersih, berdiri di depan cermin, periksa bibir bagian atas dan bawah, periksa gusi atas dan bawah.

Setelahnya, periksa pipi bagian kanan dan kiri, periksa lidah bagian atas dan bawah, periksa rongga mulut atas dan bawah, periksa lidah sisi kanan dan kiri serta periksa kelincahan, ke-kakuan dan pergerakan lidah.

Seperti dikutip dari laman Medical News Today, jika Anda mengalami sariawan, cobalah untuk mengatasi gejala dan penyebabnya seperti alergi, infeksi atau kekurangan nutrisi akibat pengobatan atau diet.

Untuk pengobatan, obatan topikal yang dioleskan langsung ke kulit untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan bisa menjadi pilihan.

Tinggalkan Balasan