Berita  

Negara-Negara Asia Fokus Pulihkan Ekonomi

Dialog Pariwisata ACD Selasa (10/11/2020)

Beberapa upaya yang dilakukan itu, antara lain merealokasi anggaran untuk program padat karya seperti Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) di berbagai destinasi wisata nasional; melaksanakan program perlindungan sosial bagi pekerja yang bekerja di sektor pariwisata; dan memberikan stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sejumlah rekomendasi untuk pemulihan sektor pariwisata yang disampaikan dalam pertemuan itu antara lain, pengaturan travel bubble antar negara, penerapan standar protokol kesehatan global, penguatan praktik-praktik berkelanjutan, dukungan pemerintah baik fiskal maupun non-fiskal bagi industri pariwisata.

Forum ACD juga sepakat untuk mendalami peluang kerja sama nyata, diantaranya dalam mempertajam inovasi dan digitalisasi, penguatan protocol kesehatan, tata kelola dan sumber daya manusia. Serta optimalisasi pasar domestik di sektor pariwisata

Pornchai Danvivathana, Sekretaris Jenderal ACD, berkomitmen untuk menindaklanjuti hasil pembahasan di forum tersebut dengan mengangkatnya pada pertemuan tingkat menteri pada Januari 2021 yang akan diselenggarakan oleh Turki selaku Ketua ACD saat ini.

(JK)

Tinggalkan Balasan