BUMN  

KPU Jalin Kerja Sama Dengan BSSN dan PT Garuda Indonesia

KPU
Ketua KPU, Ilham Saputra, serta Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Saputra. (Foto - Antara/HO-KPU)

Jakarta, Semartara.NewsKomisi Pemilihan Umum (KPU) jalin kerja sama dengan dua instansi sekaligus, yakni Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan juga PT Garuda Indonesia. Langkah tersebut menurut Ketua KPU, Ilham Saputra, sangat penting untuk langkah saling mendukung dengan pemerintah maupun BUMN.

“Saya kira ini penting, dalam hal saling mendukung satu sama lain untuk pekerjaan masing-masing,” kata Ilham Saputra, sebagaimana diberitakan oleh LKBN Antara, Rabu (2/5/2021).

KPU, kata Ilham, tentu membutuhkan transportasi yang mumpuni dalam melakukan kerja-kerja kepemiluan. “Bisa kemudian (mendapatkan) kemudahan transportasi, bagasi misalnya, untuk kebutuhan Pemilu di suatu tempat,” ungkapnya.

Kerja sama dengan PT Garuda Indonesia, berkaitan dengan pemanfaatan produk dan layanan dalam penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan. Menurutnya, mencakup kerja sama angkutan udara bagi penumpang pada rute penerbangan, baik dalam maupun luar negeri, kerja sama layanan kargo, kerja sama dengan anak perusahaan dan afiliasi serta kerja sama lainnya.

Kemudian, kerja sama dengan BSSN berkaitan dengan perlindungan informasi dan transaksi elektronik. Kerja sama itu selanjutnya diaplikasikan melalui pemanfaatan sertifikat elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik, pengamanan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan dan pengembangan SDM, pertukaran informasi serta kegiatan lain.

“Dari dua kerja sama ini, diharapkan dapat mewujudkan efektivitas kerja, terpadu, terarah dan berkesinambungan dalam hal perlindungan informasi dan transaksi elektronik maupun dalam hal pelayanan angkutan udara serta kargo untuk suksesnya pemilu dan pemilihan,” ucapnya.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani langsung Saputra, Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak, serta Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Saputra.

Tinggalkan Balasan