Kembangkan Perumahan di IKN, Pemerintah Survey Konsep Pengembangan BSD City

Kembangkan Perumahan di IKN

Jakarta, Semartara.News – Pemerintah terus melakukan survey ke sejumlah pengembang properti, untuk bisa kembangkan perumahan di IKN atau Ibu Kota Negara baru yang ada di Kalimantan Timur.
Salah sagtu yang jadi modul pemerintah dalam kembangkan perumahan di IKN yang terletak di Kalimantan Timur tersebut yakni terletak doi Township BSD City yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land atau SML.

Dimana, konsep pengembangan BSD City tersebut dinilai cocok untuk diterapkan dalam pengembangan pemukiman atau perumahan di Kawasan Ibu Kota Negara atau IKN yang baru.

Pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur terus bergulir dan pemerintah terus melakukan survei maupun studi banding untuk membuat perencanaan yang matang di IKN nantinya. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) misalnya, kembali melakukan studi banding ke township BSD City, Tangerang, Banten, yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land (SML).

“Kami dari Ditjen Perumahan Kementerian PUPR yang tergabung dalam penyusunan perencanaan untuk perumahan di IKN melakukan studi banding ke township BSD City. Hal ini untuk mempelajari beberapa konsep dan strategi maupun desain pengembangan yang telah dilaksanakan di township ini,” ujar Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto.

Pengembangan dan pembangunan kawasan perumahan dan pemukiman yang dilakukan SML, menurut Iwan dilakukan dengan sangat baik dan bisa diadopsi di tempat lainnya. Karena itu perlu ada koordinasi yang baik antara pemerintah, pengembang, dan pemerintah daerah untuk mewujudkan lingkungan yang tertata sehingga masyarakat yang tinggal bisa hidup dengan nyaman.

SML misalnya, melakukan pengembangan township BSD City dengan menyesuaikan kontur alam dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Pengembangan kawasannya juga terus didorong untuk memanfaatkan tekonologi informasi dengan tetap menerapkan sosial budaya lokal sehingga menciptakan kawasan yang juga menarik minat para investor untuk ikut berinvestasi.

Studi banding juga melakukan peninjauan langsung ke lapangan seperti ke kawasan BSD Green Office Park yang merupakan Gedung SML, Gedung Green Office Park (GOP) 9, ruang pusat kendali (command center), mal tanpa dinding The Breeze, dan berbagai fasilitas lainnya.

“Harapannya tentu pengembangan IKN khususnya untuk sarana perumahan bisa dikonsep seperti di BSD City. Beberapa konsep yang bisa diterapkan antara lain konsep hijau, smart dan berkelanjutan (sustainable), hingga penerapan teknologi informasi untuk kemudahan lifestyle masyarakat,” imbuh Iwan.

Sementara itu perwakilan SML Ignesjz Kemalawarta mengatakan, sejumlah program dan kebijakan dalam pembangunan BSD City dilakukan secara bertahap hingga seperti saat ini. BSD City juga terus bertrasnformasi untuk menjadi sebuah kota mandiri yang rendah emisi karbon dan menjadi kota berbasis digital.

“Kami juga akan memperlajari apa yang bisa kami lakukan untuk pembangunan IKN. Pada dasarnya pembangunan IKN sebuah tahap yang sangat strategis untuk menyeimbangkan pembangunan barat dan timur. Ini menjadi langkah yang sangat penting dalam sejarah Indonesia sehingga bisa menyeimbangkan pembangunan termasuk penyediaan hunian yang layak bagi seluruh masyarakat,” bebernya.

Tinggalkan Balasan