Berita  

Ini Sederet Festival Film yang Hadir Secara “Hybrid” di Tahun 2020

Para pekerja memasang karpet merah di depan jalur masuk utama Festival Palace sebelum upacara pembukaan acara "Cannes 2020 Special" di Cannes, Prancis, Selasa (27/10/2020). Acara yang akan diadakan dari tanggal 27 Oktober hingga 29 Oktober 2020 adalah versi sederhana Festival Film Cannes 2020, lima bulan setelah pertunjukan bioskop dibatalkan akibat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19). /REUTERS/Eric Gaillard/hp/cfo (REUTERS/ERIC GAILLARD)

Festival Film Internasional Venesia

Setelah diskusi yang panjang soal apakah perhelatannya tetap diadakan di kala pandemi, Festival Film Internasional Venesia memutuskan untuk melakukannya dengan mengusung tema hibrida di tahun ini.

Untuk edisi ke-77, festival ini bergerak maju dengan program tatap muka yang lebih ramping. Ini mengabaikan bagian festival bertajuk “Sconfini”, yang biasanya memutarkan film-film arthouse dan genre lain.

Salah satu festival film tertua di dunia ini menggelar acaranya secara hibrida pada 2-12 September 2020.

Festival Film Internasional Toronto (TIFF)

Festival terbesar di Amerika Utara, TIFF, membagi programnya antara pemutaran digital dan lima hari presentasi tatap muka dengan jarak sosial.

Susunan film telah berkurang drastis dari edisi sebelumnya, dengan 50 film fitur baru dan lima program film pendek. Sebaliknya, festival 2019 menyelenggarakan lebih dari 300 film.

TIFF tahun ini dihelat pada 10-20 September 2020, dan menampilkan sejumlah film dengan rating tinggi dari kritikus, termasuk “Nomadland” dari Chloe Zhao, “Ammonite” dari Francis Lee, hingga film terbaru Mads Mikkelsen, “Another Round”.

Perhelatan hari pertama dibuka dengan memadukan pemutaran langsung dan drive-in untuk pertama kalinya dalam sejarah, dengan platform online untuk pers di seluruh dunia.

Film malam pembukaan festival adalah “American Utopia” karya David Byrne dan disutradarai oleh Spike Lee.

Tinggalkan Balasan