Umum  

Indeks Literasi Minat Baca Masyarakat di Kota Tangerang Sangat Rendah

Festival literasi Jalbya Kota Tangerang di Mall Atrium Tangcity Kota Tangerang Banten
Festival literasi Jalbya Kota Tangerang di Mall Atrium Tangcity, Kota Tangerang, Banten.

Sambut Hut Kota Tangerang ke 30

Sehubungan dengan itu, sambung Asep, DPAD menggelar festival literasi dengan tema ‘jadikan literasi budaya kita’ (Jalabya). Selain dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang ke-30, kata dia, kegiatan tersebut untuk merangsang minat baca.

Asep mengungkapkan, dalam kegiatan itu, DPAD melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga. Salah satunya, kata dia, bekerjasama dengan beberapa lembaga buku, yang menghadirkan pameran buku.

“Saat pembukaan ada pelantikan Bunda Literasi dinobatkan kepada Bu Wali, (Aini Suci Wismansyah), yang dilantik langsung oleh Pak Wali, (Arief R Wismansyah),” ucapnya.

“Festival literasi diadakan mulai 13-19 Februari 2023, yang bertempat di Mall Atrium Tangerang City,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, gedung-gedung perpustakaan yang berada di kantor kecamatan di Kota Tangerang terbengkalai lantaran tidak ada petugas (Pustakawan) yang merawat atau menjaganya.

“Tujuh gedung perpustakaan, yang berada di kecamatan Kota Tangerang terbengkalai, tidak ada pengurusnya (Pustakawan),” kata Afdel, mantan relawan Perpustakaan Kecamatan Batuceper, pada Selasa, (14/2/23).

Dalam pantauan Semartara.News, gedung-gedung perpustakaan di kecamatan terlihat usang dan tidak ada pengunjung. Begitu pula dengan puluhan Perpustakan Mini di hampir  setiap perkantoran.

Itu terjadi lantaran buku-buku di perpustakaan tersebut didominasi terbitan tahun 2008 ke bawah, sehingga buku-buku itu diselimuti debu yang cukup tebal karena minimnya minat baca masyarakat dan pelajar.(Kahfi/Tri)

Tinggalkan Balasan