Ganjar Digugat, Ganjar Dibela

Ganjar Digugat
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat turun menemui ribuan buruh yang menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Gubernur Jateng, Senin (12/10/2020). Akibat menaikan UMP 2021, Ganjar digugat Apindo ke PTUN. (Foto – Doc. Humas Jateng)

Sikap Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengumumkan penetapan UMP Jawa Tengah tahun 2021 di rumah dinasnya Puri Gedeh, Jumat (30/10/2020). (Foto – Doc. Humas Jateng)

Ganjar sendiri mengaku telah menerima aspirasi para buruh itu, baik masukan maupun dukungan kepadanya. Ia menjelaskan, bahwa gugatan di atas merupakan hak dari Apindo. Oleh karena itu, ia memilih untuk menghormati apa yang mereka lakukan.

“Itu hak mereka, kami menghormati,” katanya.


“Saya telah menampung semua aspirasi dari buruh untuk kemudian ditindaklanjuti. Tadi bagus, mereka menyampaikan semua aspirasinya. Intinya mereka ingin semuanya ‘fair’, tentu buruh ingin pendapatannya naik dan meminta kami mengawal UMK Kabupaten/Kota,” ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meminta agar buruh dan perusahaan, saling transparan dengan kondisinya masing-masing dalam penetapan UMK 2021. Hal itu untuk mengetahui, apakah perusahaan masih tumbuh atau stagnan, bahkan turun saat pandemi COVID-19.


“Dengan memahami kondisi itu, maka akan ditemukan formula yang tepat dalam pengupahan nantinya,” katanya. (AD)

Tinggalkan Balasan