Berita  

DKM Al-Azhom Ajak Warga I’tikaf

TIDUR DI MASJID: Sejumlah jamaah Masjid Al-Azhom beeraktifitas dalam masjid usai sallat Jumat, (24/5/2019).

SEMARTARA-Sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan tiba malam ini, Jumat (24/5/2019). Bertepatan dengan itu Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Al-Azhom menggelar kegiatan I’tikaf. Masyarakat diharapkan ikut mermaikan masjid dalam kegiatan tersebut.

Pengurus Harian DKM Masjid Al-Azhom, Ahmad Rofiki mengatakan, pihaknya bakal memfasilitasi jamaah I’tikaf dalam sepuluh hari terakhir tersebut. Pihaknya, kata Ahmad, menyediakan konsumsi buka dan sahur bagi peserta I’tikaf.

“Tinggal daftar nama, nanti kita siapkan konsumsinya,” jelasnya.

Pengurus masjid terbesar di Kota Tangerang ini juga memfasilitasi kuliah subuh dengan narasumber berkompeten. Ritual kegamaan mendirikan solat malam juga akan digelar panitia.

“Pak walikota menitip untuk selalu ajak warga meramaikan masjid, katanya sudah jadi tradisi Al-Azhom,” tutur Ahmad.

Jumlah peserta diperkirakan mencapai ribuan. Pada ramadhan tahun lalu saja, tidak kurang dari 1.000 jamaah beritikaf di masjid tersebut. Terlebih di malam ganjil, Ahmad mengatakan angkanya bisa mencapai 4.000.

“Jamaah itu lebih banyak di malam ganjil 23, 25, 27 itu nyampe 4.000, kalau hari biasa paling seribu, kalau hari minggu juga lumayan,” katanya.

Dana yang dihabiskan dalam sepuluh malam terakhir di masjid tersebut mencapai Rp 300 juta. Dana itu, kata Ahmad, berasal dari kas Masjid Al-Azhom.

Ahmad juga meningkatkan masyarakat agar tertib dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

“Tidur yang penting tidak di karpet hijau. sebetulnya kan bukan untuk tidur, untuk ibadah. Tapi kita hargai niat untuk meramaikan masjid. Kita ingatkan niat ibadah datang ke masjid,” tutup Ahmad. (irfan)