Berita  

Disporabudpar: Pelaksanaan Kemah Bhakti Terlaksana Dengan Optimal

Kepala Bidang Pemuda pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Widodo saat dikonfirmasi Semartara di ruang kerjanya, Selasa (29/10/2019). (Ikrar Nur Hakim)

SEMARTARA-Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) menginisiasi kegiatan Kemah Bhakti Pemuda tingkat Kabupaten Tangerang. Pelaksanaannya berkerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang, giat ini baru saja terlaksana 26-28 Oktober 2019 lalu di Stadion Mini Tigaraksa. Kemah Bhakti Pemuda itu pun terlaksana dengan optimal.


Kepala Bidang Pemuda pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Widodo menyampaikan, kegiatan Kemah Bhakti Pemuda dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 dimana pemuda/pemudi menjadi motor pengerak dan mengembangkan potensi melalui wirausaha.

Baca juga: Tangerang dan Sejarah Pos Niaga Rempah Internasional


“Ini merupakan hajat kita bersama, khususnya pemuda. Kami Disporabudpar sifatnya memfasilitasi untuk melatih pemuda menciptakan sesuatu / berfikir kreatif, mengembangkan bakat dan potensinya,” ujar Widodo saat dikonfirmasi Semartara di ruang kerjanya, Selasa (29/10/2019).


Kemah Bhakti Pemuda tahun 2019 ini menjadi ajang aktualisasi diri, dimana melibatkan sekitar 200 peserta. Setiap Kecamatan mengirimkan duta Pemuda / Pemudi sebayak 8 orang. Peserta dari kisaran usia 18-30 tahun, dimana pemuda diusia produktif ini menjadi acuan agar kedepan diharapkan mampu menghadapi tantangan zaman dan persoalan bonus demografi. 

Baca juga: Puan: Satu Kementerian Hanya Bermitra dengan Satu Komisi


“Kita ingin membangun dari pola fikir yang positif. Kita cari intelektual muda dari KNPI dan bersama – sama dengan OKP lainnya,” paparnya.


Dengan membentuk Focus Group Discussion (FGD) guna mengembangkan potensi dibidang olahraga, seni dan wirausaha. Disporabudpar cukup mengapresiasi semangat pemuda semua simpul ini untuk dapat maju bersama. Ini jadi ajang sentral bertemunya pemuda untuk melatih soft-skill dan hard-skill. Terkait dengan ketidakhadiran perwakilan dari 5 Kecamatan tersebut, pihak Disporabudpar menanggapi dengan cukup tenang.

Baca juga: MTQ Ke-50 Tingkat Kabupaten Tangerang Segera Terlaksana


“Tidak ada sanksi bagi Kecamatan yang tidak mengirimkan duta pemuda / pemudi. Ini agenda reguler dan pelaksanaannya rutin dilaksanakan pada 26, 27 dan 28 Oktober. Intinya, Disporabudpar mengumpulkan pemuda/pemudi di ajang Kemah Bhakti untuk saling bertukar isi fikiran, saling berbaur, melakukan FGD dan dibina Wirausaha. Agar Tangerang semakin gemilang sesuai visi-misi Bupati,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan