Diduga Kurang Kokoh, Gedung FAH UIN Jakarta Rusak Diguncang Gempa

SEMARTARA – Gempa 6,9 skala rikter menyebabkan sejumlah fasilitas Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat, Tangerang Selatan rusak, Jumat (2/8/2019). Dinding keramik gedung Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta runtuh diduga lantaran gempa yang berpusat di Selat Sunda tersebut.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah, Saiful Umam membenarkan kejadian tersebut. Dia menyebut, dinding keramik yang runtuh itu berada di sisi lift lantai dasar.

“Sejauh ini yang jelas ada beberapa keramik yang nempel pada dinding samping kiri-kanan lift di lantai 1. (Keramik) lepas jatuh ke lantai dan pecah,” katanya di Kantornya Jalan Tarumanegara, Legoso, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Sabtu (3/8/2019).

Selain lantaran gempa, gedung yang belum diuji kelayakannya ini dinilai kurang kokoh. Gedung ini sendiri mulai dipakai Maret 2017 lalu.

“Saya kira salah satunya akibat gempa, disamping mungkin bisa saja karena kondisi atau kualitas bangunannya,” kata Halid Alkaf, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FAH.

Alkaf menambahkan, pihaknya memberhentikan aktivitas kampus demi keselamatan. Di samping memang aktivitas perkuliahan telah memasuki libur semester genap.

“Untuk sementara saya sudah intruksikan ke satpam, tidak ada orang yang (boleh) masuk gedung dulu. Pak Dekan juga sedang berkoordinasi juga untuk pemecahan masalah ini,” kata Alkaf. (fi)

Tinggalkan Balasan