CPNS Kota Tangerang Didominasi Pelamar Luar Daerah

SEMARTARA, Kota Tangerang – Pelamar luar daerah masih mendominasi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Tangerang tahun 2018. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mencatat sebanyak 4.378 pelamar, 60 persen di antaranya berasal dari luar daerah.

“Dari 4378 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, 60 persen diantaranya berasal dari luar daerah. Sementara 40 persen berasal dari Kota Tangerang,” ungkap Zaenal Abdul Mughni, Humas Bidang CPNS BKPSDM Kota Tangerang, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (24/10).

“Luar daerah itu terbanyak dari Jawa dan Sumatera. Yang terjauh dari Fak-fak, Ambon, Ternate, Sulawesi dan Kalimantan,” katanya menambahkan.

Sebab apa para pelamar luar daerah mendominasi? Menurut ia, lantaran saat ini formasi yang dibutuhkan tenaga kesehatan dan pendidikan, sehingga peminat dari Kota Tangerang terbilang minim di bidang tersebut.

“Karena formasi yang tersedia mungkin tidak sesuai latar belakang pendidikan, sehingga melamar online untuk formasi yang sesuai di instansi lain di Indonesia atau juga karena melamar online serentak,” tuturnya.

Lanjut Zaenal, dari hasil rincian sebanyak 4.378 pelamar, 4.348 di antaranya merupakan peserta jalur umum, 29 peserta jalur K2 dan 1 peserta jalur difabel.

“Mereka akan mengisi kuota yang tersedia, yaitu sebanyak 284 jabatan dengan formasi di bidang kesehatan, pendidikan, dan juga teknik,” pungkasnya. (Helmi)

Tinggalkan Balasan