Cara GP Ansor Mentradisikan Pancasila

GP Ansor
GP Ansor. (Foto - Istimewa)

Santri dan Sumpah Pemuda

Santri pada hakikatnya, dekat dengan peristiwa Sumpah Pemuda. Sebab, sejatinya perjuangan santri dan pesantren lebih merupakan refleksi nilai Sumpah Pemuda. Pondok pesantren dengan para santrinya, telah membersamai bangsa Indonesia dalam perjalanannya melawan penjajah.

Semangat persatuan, gotong-royong, dan berkorban tanpa pamrihlah yang menjadi napas perjuangan mereka, mengantarkan bangsa Indonesia hingga menjadi seperti saat ini. Sebagaimana Sumpah Pemuda, santri dan warga pesantren tidak akan rela bila bangsa ini sampai dipecah-pecah, dikoyak-koyak, atau bahkan dikotak-kotakkan. Sebab mereka adalah saksi, bahkan bagian dari perjuangan Indonesia untuk bersatu dan menjauhi semua perselisihan tersebut. Bahkan, sejak sebelum deklarasi kemerdekaan. Penetapan Hari Santri pada 22 Oktober pun menjadi relevan, ketika pada pekan berikutnya 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Pembumian Pancasila

Sebagai bagian dari sejarah perjuangan bangsa, santri dan pesantren pun mengambil peran besar dalam upaya pembumian Pancasila. Sama dengan Gus Yahya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, sepakat akan hal itu. Ia mengatakan, peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tak bisa dinafikkan.

Sehingga karena itulah, dia sangat senang bisa bekerja sama dengan GP Ansor dalam membumikan Pancasila. Di sini mantan rektor UIN Sunan Kalijaga itu juga mengatakan, sebetulnya santri itu adalah pahlawan, dan keberadaannya sudah diakui pemerintah.

“Sebetulnya santri itu adalah pahlawan, ini sudah diakui oleh pemerintah. Tentu kita akan terus memberikan dukungan penuh atas keberadaan santri di Indonesia. Dan kebetulan hari ini juga bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini, juga dalam penguatan benih-benih ideologi Pancasila bagi seluruh pemuda Indonesia,” kata dia.

“Tentu kita akan terus memberikan dukungan penuh atas keberadaan santri di Indonesia,” imbuhnya.

(Ant/AD)

Tinggalkan Balasan