Bupati Jember Terpilih Dukung UMKM Dengan Perbup

Bupati Jember Terpilih
Tangkapan layar Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto saat memaparkan program kerjanya dalam talkshow bertema 'Kebangkitan UMKM pada masa pandemi COVID-19' di Auditorium Universitas Jember (Unej), Minggu (14/2/2021) sore. (Foto - Antara)

Jember, Semartara.News – Demi mendongkrak bangkitnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bupati Jember terpilih, Hendy Siswanto, mewajibkan masyarakat dan instansi setempat menggunakan produk lokal. Tak sebatas himbauan saja, kewajiban tersebut diikat dengan Peraturan Bupati (Perbub) cinta produk lokal.

Dalam acara Talkshow bertema ‘Kebangkitan UMKM Pada Masa Pendemi COVID-19’, yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Jember (Unej), Minggu (14/2/2021) sore, Hendy berjanji, bahwa setelah dirinya dilantik, ia akan menulis surat kepada seluruh masyarakat Jember untuk cinta dan memakai produk lokal. Hal itu demi mendukung geliat UMKM saat pandemi.

Menurut Hendy, pemerintah harus menjadi garda terdepan, serta hadir untuk membangkitkan UMKM. Kemudian, pemerintah juga harus turun secara aktif mendampingi pegiat usaha mikro itu, sehingga, pemerintah harus mengambil alih peran mendongkrak UMKM.

“Pemerintah juga harus membantu untuk menghadirkan ahli dalam memberikan pelatihan dan mengedukasi para pelaku UMKM, agar mereka bisa kompetitif dengan UMKM yang lain,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari LKBN Antara.

Hendy juga meminta, seluruh Kantor Dinas dan Instansi lain nantinya harus memasang display produk lokal Jember, agar masyarakat semakin cinta dan bangga akan produk lokal. “Saya imbau agar warga Jember jika berbelanja hendaknya berbelanja di tetangga sekitar saja, agar saling membantu perekonomiannya dan menjaga perputaran ekonomi lokal,” jelas Hendy.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak, yang hadir secara daring mengatakan, Kabupaten Jember merupakan Kabupaten terbesar dalam jumlah penduduk, dan sebagai pusat tapal kuda. “Pemerintah pusat sudah mendukung UMKM dengan memberikan program bantuan usaha mikro, dan Pemprov Jatim memberikan dana bergulir yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM,” tutur Suami Arumi Bachsin ini.

Ia mengatakan, Pemprov Jatim akan mendukung langkah Bupati Jember terpilih untuk memajukan UMKM Jember di tengah pandemi COVID-19, dengan komitmennya mendorong kecintaan pada produk lokal, tentu akan punya dampak yang luar biasa di sektor perekonomian.

Tinggalkan Balasan