Bulan Bung Karno Jadi Momentum Perkokoh Kesatuan Bangsa

SEMARTARA, Tangerang (7/6) – Anggota DPRD Provinsi Banten, Ananta Wahana menggelar peringatan Bulan Bung Karno di Padepokan Karang Tumaritis, Kampung Babakan, Rt 01/06 Kelurahan Bonang, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat serta beberapa tokoh agama di wilayah setempat. Kegiatan juga dibarengi buka puasa bersama serta berbagi sembako untuk warga sekitar. Sambil menunggu waktu berbuka, para peserta diberi kesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab.

“Sengaja saya mengundang beberapa tokoh agama, disini ada perwakilan dari agama kristen, khatolik, hindu, budha, konghucu, dan islam agama mayoritas sebagai penutup,” kata Ananta, Rabu (6/6) malam.

“Ini salah satu tradisi kita, karena menghormati antar umat beragama itu bagian dari kami. Agama ini memang prinsip yang kami lakukan di padepokan yaitu membumikan Pancasila,” imbuhnya.

Dilanjutkan dia, membumikan Pancasila berarti mengamalkan kebaikan serta memperkokoh kesatuan bangsa dan negara. “Jadi, ini semua untuk mengingat sejarah, agama, dan dasar negara kita. Bulan Bung Karno ini intinya untuk mempersatukan kita, juga menguatkan kerukunan agama di negara kita,” jelasnya.

“Makanya acara ini dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Buka puasa juga bukan hanya sekedar memperkuat iman, tapi juga memperkokoh kebangsaan. Makanya peserta disini dari semua agama. Tujuannya untuk memandu masyarakat agar tetap menjaga kerukunan agama,” tandasnya.

Namun sebelumnya, lanjut dia, kegiatan berbagi sembako kepada warga juga menjadi rangkaian dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno. Kata Ananta, disebut Bulan Bung Karno lantaran bulan lahir dan meninggalnya Soekarno pada bulan Juni. “Bung Karno lahir bulan Juni, kemudian menggali Pancasila di bulan Juni, dan meninggal bulan Juni,” ujarnya.

Ia berharap seluruh rakyat dapat menyadari agar tetap terjaga keutuhan NKRI. “Makanya, masyarakat sekarang harus pintar dalam memilih pemimpin. Kemudian pemimpin juga harus bisa memandu rakyatnya,” pungkas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten. (Helmi)

Tinggalkan Balasan