Berita  

BPIP dan ADEKSI Sepakat Bangun Sistem Pemerintahan Sesuai Nilai Pancasila

BPIP dan ADEKSI Sepakat Bangun Sistem Pemerintahan Sesuai Nilai Pancasila
(Dok Antaranews)

Jakarta, Semartara.News Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, memberikan arahan pada acara Penandatanganan kemitraan antara BPIP dengan Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Dalam Keynote Speech bertajuk “Pancasila dalam Politik dan Pemerintahan untuk Mewujudkan Kota Pancasila”, Prof. Yudian menyampaikan secara lugas bahwa Pancasila harus diimplementasikan sebagai orientasi bagi pelaksanaan roda pemerintahan, pembentukan peraturan, dan pembangunan nasional hingga pada tingkat kota di seluruh Indonesia. 

“Pancasila juga dapat berperan  sebagai “batu uji” untuk menilai apakah peraturan dan kebijakan yang telah dihasilkan oleh pemerintahan kota telah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau belum”, tegasnya dikutip dari Antaranews.

Prof. Yudian menuturkan tentang pentingnya peranan DPRD tingkat Kota sebagai representasi kedaulatan rakyat yang mempunyai fungsi dalam pembentukan peraturan daerah, anggaran, dan juga pengawasan. 

“DPRD Kota berkewajiban mengawal lahirnya peraturan dan pembangunan di wilayah kota agar senantiasa sejalan dengan nilai-nilai Pancasila” tuturnya. 

Penandatanganan Kemitraan antara BPIP dan ADEKSI, merupakan bentuk komitmen nyata bagi kedua pihak dalam pembangunan sistem pemerintahan yang baik dan pembangunan manusia unggul, khususnya dalam lingkup kota, yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga kerja sama yang baik ini dapat terus berlangsung dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat luas”, tambahnya.

Tinggalkan Balasan