Berita  

BMKG : Daerah Banten Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini

 

BMKG : Daerah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini
BMKG : Daerah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di sejumlah daerah pada hari ini, Rabu 19 Januari 2022. Di antaranya adalah : Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

 

BMKG juga meminta masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek, untuk mewaspadai peningkatan curah hujan dalam 3 hari ke depan.

 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan hasil monitor menunjukkan indikasi potensi peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali Jabodetabek.

 

“Sebagian besar wilayah Jabodetabek diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada Januari ini,” Ucapnya, dikutip dari Antara, Selasa, 18 januari 2022.

 

Munculnya pola tekanan rendah di Laut Arafuru bagian timur sehingga membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah selatan Indonesia turut mengintensifkan pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek.

 

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang atau lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Jabodetabek.

 

Di Pulau Sumatera, potensi yang sama ada di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Wilayah lainnya yang harus mewaspadai potensi serupa adalah Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

 

Cuaca cerah diprediksi hanya berpeluang dinikmati Banda Aceh, sedangkan cuaca cerah berawan akan muncul di Medan dan Jayapura. Suhu udara berkisar 20-29 derajat Celcius. Suhu terendah diperkirakan dialami di Bandung, Jawa Barat.

 

Untuk pola angin, wilayah Indonesia bagian utara akan dominan dengan angin yang bergerak dari barat laut – timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya – barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Sumatera Barat, perairan Kepulauan Mentawai, Laut Jawa bagian timur, dan Laut Banda.

 

Tinggi gelombang laut antara 2,5 – 4 meter karenanya berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Nias hingga Lampung.

 

Gelombang tinggi juga diminta diwaspadai di Laut Natuna utara, perairan utara Kepulauan Anambas – Kepulauan Natuna dan laut Banda.

 

Sumber : tempo.co

Foto : ANTARA, sigid Kurniawan

Tinggalkan Balasan