Berita  

Besok, Buruh Tangerang Peringati May Day di Jakarta

Besok, Buruh Tangerang Peringati May Day di Jakarta
Buruh Tangerang saat melakukan aksi demonstrasi

Kota Tangerang, Semartara.News – Memperingati May Day (Hari Buruh) pada Rabu, 1 Mei 2024, buruh Tangerang akan turun aksi ke Jakarta.

Koordinator Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Maman menyampaikan, lebih dari 2.500 buruh Tangerang akan menjalankan aksi demonstrasi ke Jakarta.

“Jumlahnya lebih dari 2.500 buruh, kemungkinan akan terus bertambah,” kata Maman saat dihubungi via gawai, Selasa, (30/4/2024).

Ribuan buruh tersebut, lanjut Maman, merupakan gabungan dari berbagai perusahaan dan Serikat buruh.

“Ada KASBI, SPSI 92 (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), SPNI (Serikat Pekerja Nasional Indonesia). Kita tergabung dalam Gerakan Gabungan Rakyat (Gebrak),” ujarnya.

Para buruh Tangerang itu, sambung Maman, akan bergabung dengan kelompok buruh dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Tujuannya ke Jakarta, kata Maman, pihaknya akan menyampaikan aspirasi ke Kementerian Tenaga Kerja dan Imigrasi, Istana Merdeka, dan Bundaran HI.

Terkait tuntutan, Maman mengungkapkan masih seputar Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law) dan Peraturan Pemerintah turunannya.

“Aspirasinya, stop PHK, pemberangusan serikat kerja, upah layak nasional, menolak sistem kontrak kerja, outsourcing, dan magang,” imbuhnya.

Selain itu, Maman menjelaskan, pihaknya juga menuntut perlindungan terhadap hak Driver Ojek Online dan buruh perempuan. (Kahfi)

Tinggalkan Balasan