Berita  

Berikut 6 Fakta Dorce Gamalama, dari Sopir sampai Wasiat Terakhir

Berikut 6 Fakta Dorce Gamalama, dari Sopir sampai Wasiat Terakhir
Dorce Gamalama, Perjalanan hingga cerita

Jakarta, Semartara.News Artis dan komedian Dorce Gamalama meninggal dunia hari ini, 16 Februari 2022, pada usia 58 tahun. Dorce meninggal usai bertarung melawan Covid-19 dan penyakit diabetes.

Berikut adalah 5 fakta Dorce Gamalama yang dihimpun tim CNBC Indonesia:

  1. Terlahir dengan nama Dedi Yuliadi Ashadi 

Dorce terlahir sebagai laki-laki dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi pada 21 Juli 1963. Setelah memutuskan mengganti identitas gendernya, Dorce melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada 1983. Identitas baru Dorce telah diakui pengadilan lewat keputusan Mahkamah Agung.

  1. Asal Usul nama Dorce Gamalama

Dorce mulanya tampil dengan nama panggung Dorce Ashadi. Nama itu merupakan pemberian dari Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Namun, setelah sepenuhnya berganti identitas gender, ia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama yang diambil dari nama Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku.

  1. Awal karir

Dorce mengawali kariernya di industri hiburan Tanah Air sebagai pelawak dengan berpura-pura menjadi perempuan. Semenjak itu namanya semakin dikenal di dunia hiburan. Ia kerap tampil sebagai seorang pembawa acara televisi, salah satunya dalam talk show Dorce Show di Trans TV pada 2005. 

Tak cuma jago membawa acara, Dorce juga dikenal sebagai penyanyi. Ia berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) atas peluncuran sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan.

  1. Jadi supir Raffi Ahmad

Pada Juni 2020 Dorce membuat publik kaget karena mengaku bekerja sebagai sopir Raffi Ahmad. Ini dia lakukan karena sedang mengalami kesulitan keuangan akibat pandemi. 

Namun, baru seminggu bekerja menjadi sopir Raffi Ahmad, sang aktris yang dipanggil Bunda itu memilih untuk berhenti.

“Sekarang Bunda Dorce sudah enggak jadi sopir lagi,” kata Raffi Ahmad dalam tayangan YouTubenya.

“Ya, Bunda, kan, udah berumur juga, ya, juga harus menjaga kondisi,” jawab Dorce Gamalama.

  1. Wafat karena Covid dan komorbid

Dorce Gamalama meninggal dunia usai dirawat intensif selama beberapa hari di rumah sakit. Pihak keluarga menyebut bahwa Dorce terinfeksi Covid. 

Diketahui, ia juga menderita diabetes dan sempat tak sadarkan diri. Selain diabetes, Dorce Gamalama juga mengidap sakit batu ginjal pada 2019 dan bolak-balik rumah sakit semenjak saat itu.

Saat dirawat di rumah sakit, Dorce Gamalama sempat membuat video yang ditujukan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri. Dalam video itu, Dorce mengaku butuh bantuan untuk biaya perawatan. Keluarga Dorce membenarkan video tersebut. Mereka juga mengungkapkan bahwa biaya pengobatan Dorce selama ini telah ditanggung pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sehingga, Dorce mendapatkan perawatan di RS Pusat Pertamina (RSPP).

  1. Permintaan terakhir sebelum wafat

Artis yang dijuluki Oprah Winfrey versi Indonesia ini pernah menyampaikan wasiat terakhirnya sebelum wafat. Ia minta agar dimakamkan sebagai perempuan apabila meninggal dunia. 

Permintaan Dorce tersebut sempat mengundang kontroversi di kalangan pemuka agama, mengingat ia terlahir sebagai laki-laki. Namun, komentar menyejukkan disampaikan Rektor Institut Studi Islam Fahmina Dr KH Marzuki Wahid. Dia menilai sah-sah saja jika Dorce dimakamkan sebagai perempuan mengingat pengadilan mengakui ia sebagai perempuan. Artinya, keputusan pengadilan terkait identitas gender seseorang dapat dijadikan acuan untuk menentukan hukum Islam yang berlaku pada mereka. (CNBCIndonesia)

 

Tinggalkan Balasan