Berita  

ANTARA Bangun Kompleks Jurnalistik Modern

Kompleks Jurnalistik Modern
Gedung bersejarah Kantor Berita Nasional ANTARA di Jl. Antara Pasar Baru, tempat berita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia disiarkan ke seluruh dunia.

Proses revitalisasi gedung bersejarah ANTARA tersebut dilakukan setelah penjualan Wisma Antara ke PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) atau BSI oleh PT Mastindo Mulia dan Perum LKBN ANTARA pada 19 September 2022.

“Penjualan ini terjadi setelah mendapat persetujuan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dituangkan dalam persetujuan Kementerian Badan Usaha Milik Negara dengan surat No. S-241/MBU/DHK/08/2022 tertanggal 2 Agustus 2022,” kata Meidyatama.

Wisma Antara dikelola oleh PT ANPA Internasional yang sahamnya dimiliki oleh Perum LKBN ANTARA sebesar 20 persen dan PT Mastindo Mulia sebesar 80 persen.

Nilai saham 20 persen ini sebelum dikembalikan ke Perum LKBN ANTARA pada tahun 2017 melalui RUPSLB dimiliki oleh PT Akuel yang merupakan anak perusahaan Perum LKBN ANTARA. Pada 1972, PT Akuel yang dalam perjanjian disebut sebagai PT ANTAR membentuk joint venture dengan BV Pabema. Di dalam perjanjian itu tidak menampilkan skema build operate transfer (BOT) atau bangun guna serah.

Pada 2013, BV Pabema menawarkan 80 persen sahamnya kepada PT Akuel, namun karena satu dan lain hal minat Perum LKBN ANTARA sebagai induk untuk membeli saham tersebut tidak dapat terlaksana.

PT Mastindo Mulia kemudian mengakuisisi 80 persen pada 2014, setelah mendapat persetujuan perwakilan Perum LKBN Antara dalam RUPS-LB PT ANPA.(Sayuti)

 

Tinggalkan Balasan