Berita  

Ananta Wahana: Kemendag Harus Optimalkan Anggaran untuk Penanganan COVID-19

SEMARTARA – Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana meminta Kementrian Perdagangan (Kemendag) untuk mengoptimalkan pemangkasan anggaran dalam program Kementerian Tahun 2020 dalam rangka untuk membiayai kegiatan-kegiatan nasional yang manfaatnya langsung kepada masyarakat dalam penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Ananta Wahana, menjelaskan, pihaknya juga meminta Kemendag untuk segera meningkatkan koordinasi yang efektif dengan K/L/instansi terkait ditingkat pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta membangun sinergi yang baik antara perusahaan BUMN dan swasta dalam rangka memantau dan mengendalikan ketersediaan barang kebutuhan pokok dalam kualitas dan kuantitas yang baik, serta harga yang terjangkau, termasuk barang kebutuhan lain untuk masyarakat dan barang kebutuhan medis pada masa pandemi COVID-19, terutama hingga menjelang hari besar keagamaan nasional, puasa dan Idul Fitri mendatang.

“Kami dari Komisi VI DPR RI juga meminta kepada pihak kementrian perdagangan untuk melakukan pemetaan, baik terhadap pedagang maupun komoditas yang terkena dampak secara langsung dari pandemi COVID-19, agar strategi mitigasi terhadap komoditas perdagangan dapat tepat sasaran untuk menjamin ketahanan pangan nasional serta kelangsungan usaha para pelaku usaha perdagangan,” ujar Ananta Wahana, Sabtu 4 April 2020.

Dikatakan pula, hal yang paling penting dilakukan oleh Kemendag saat ini, melakukan langkah-langkah, jangan sampai dampak dari COVID-19 membuat masyarakat resah, terutama soal kelangkaan bahan pokok, atau harga tidak terjangkau oleh masyarakat.

“Karena, persoalan yang paling mendasar, ini adalah bagaimana masyarakat tercukupi secara pangan, harga-harga bahan pokok bisa terjangkau, dan tidak terjadi kelangkaan. Bisa dengan cara melakukan operasi pasar, dan disesuaikan dengan kondisi saat ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan