Ahmad Basarah Ungkap Alasan Memilih Bandung Jadi Lokasi Kongres PA GMNI

Remove term: Ahmad Basarah Ungkap Alasan Ahmad Basarah Ungkap Alasan

Bandung, Semartara.News – Ketua Umum Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia atau PA GMNI Ahmad Basarah ungkap alasan mereka memilih Kota Bandung menjadi lokasi kongres ke IV PA GMNI.

Dalam pernyataannya Ahmad Basarah ungkap alasan kalau Bandung ternyata menjadi salah satu wilayah di Indonesia, tempat Bung Karno menggali ide-ide nasionalime.

“Kami telah memutuskan untuk menyelenggarakan dan melaksanakan Kongres IV PA GMNI di Kota Bandung. Kami sengaja memilih Kota Bandung sebagai tempat kongres, bukan hanya karena gubernurnya seorang nasionalis dan sangat mengagumi pemikiran-pemikiran Bung Karno,” ujar Basarah sebagaimana dikutip dari situs beritasatu, dalam kegiatan Welcoming Dinner menjelang Kongres IV PA GMNI yang akan diselenggarakan pada 6-8 Desember di Bandung.

“Namun, di Kota Bandung inilah, Bung Karno menggali ide-ide nasionalisme dan marhaenisme. Banyak sekali yang diberikan Bung Karno, bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga dunia,” tutur wakil ketua MPR ini.

Dalam kesempatan itu, dirinya berharap para alumni GMNI senantiasa membawa nilai-nilai nasionalisme. Menurut Basarah, berbagai profesi ditekuni oleh segenap alumni GMNI.

“Alumni GMNI menghadirkan sarjana-sarjana dari berbagai disiplin ilmu dan perguruan tinggi, banyak yang mengabdi di jalan politik menjadi anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota, dan DPR RI, menjadi birokrat, jaksa, hakim, bahkan pernah menjadi presiden,” kata Basarah di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu (5/12/2021).

Basarah mengatakan Kongres IV PA GMNI akan digelar dengan sistem hybrid. Diikuti secara langsung oleh 34 DPD PA GMNI seluruh Indonesia, dan 258 DPC melalui virtual. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka secara resmi kegiatan kongres.

“Kongres akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia. Dengan gagasan nasionalisme menjawab tantangan bangsa, mudah-mudahan kongres akan melahirkan rekomendasi-rekomendasi program yang dapat memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara,” ucap Basarah.

Pada kesempatan itu, Basarah menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ridwan Kamil selaku gubernur Jabar. Menurut Basarah, Ridwan Kamil telah banyak memfasilitasi kegiatan Kongres IV PA GMNI.

Sementara itu, Ridwan Kamil menyampaikan sejumlah harapannya terkait pelaksanaan kongres. Kang Emil sapaan akrabnya berharap agar kongres dapat melahirkan rekomendasi-rekomendasi untuk kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Saya harap pada rekomendasi-rekomendasi, gagasan besar di kongres ini. Kalau sudah menyelenggarakan di Kota Bandung, tidak boleh pulang dengan gagasan-gagasan kecil, harus pulang dengan gagasan-gagasan besar,” kata Kang Emil.

Kang Emil mengatakan Kota Bandung menjadi salah satu tempat lahirnya semangat memerdekakan Indonesia, termasuk bangsa-bangsa Asia dan Afrika dari berbagai bentuk penjajahan. Selain itu, di Kota Bandung juga tercipta semangat melawan ketidakadilan.

“Lahir semangat-semangat yang datang dari mereka-mereka yang tercerahkan oleh kota tercinta ini. Tidak hanya di level nasional, tetapi juga melintasi batas-batas internasional,” demikian mantan wali kota Bandung yang juga pengagum sosok Soekarno.

Tinggalkan Balasan