Abraham Samuel Khouw Guru Besar Oseanografi Unpatti Tutup Usia

Abraham Samuel Khouw
Prosesi pemakaman kedinasan Prof Abraham Semuel Khouw di Gedung Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti, Ambon, Senin (16/11/2020). (Foto - Doc. Unpatti)

Almarhum mendapat gelar guru besar atau profesor di atas, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 687/A4.5/KP/2008 tertanggal 6 Oktober 2008. Selama 30 tahun mengabdi di Unpatti, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Sumberdaya Alam (PPLH-SDA) pada 2000.

Selain itu, ia pernah menjadi Asisten Direktur Program Pascasarjana Unpatti periode 2010-2014. Sejumlah penelitiannya terpublikasi secara nasional dan internasional. Ia kerap menjadi narasumber dan pakar dalam berbagai kegiatan di bidang perikanan dan kelautan, baik di dalam maupun luar negeri, serta aktif terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Prof Semmy meninggal dunia pada usia 55 tahun di Rumah Sakit PGI Cikini pada 14 November 2020, dan dimakamkan di TPU Taeno, Kota Ambon pada 16 November 2020.

Prof MJ Saptenno mengatakan, Prof Semmy pribadi yang bersahaja dan sederhana. Ia menjadi panutan bagi generasi penerus di Unpatti. Semasa tugas dan pengabdiannya, almarhum selalu siap untuk memajukan Unpatti. Seluruh karya dan karsa yang didedikasikannya pada Unpatti, akan menjadi sejarah bagi perguruan tinggi tersebut.

“Almarhum selalu siap untuk memajukan universitas dalam rentang waktu yang penuh amanah dengan karya dan karsa yang tercatat dalam sejarah Unpatti,” ucapnya. (AD)

Tinggalkan Balasan