Berita  

50 Calon Pejabat Pemprov Tarung Gagasan

SEMARTARA, Serang (10/12) – Lima puluh peserta seleksi tujuh Jabatan Pimpinan ‎Tinggi (JPT) Pratama di Pemprov Banten, beradu ide dan gagasan sebelum lolos ketiga besar. Ide dan gagasan masing-masing peserta dituangkan dalam karya tulis ilmiah berupa makalah.

Proses seleksi sendiri tinggal memasuki tahapan akhir. Menurut Ketua Pansel lelang tujuh jabatan Ranta Soeharta, tahapan seleksi tinggal tes tulis dan tes wawancara.
Dalam tes tulis ini, pansel memberikan tugas kepada peserta seleksi untuk membuat makalah sesuai dengan tema yang diberikan berdasarkan instansi pilihannya masing-masing. Hal itu untuk menguatkan peserta jika nanti terpilih dalam lelang jabatan.

“Ini tahapan yang masuk penilaian juga. Jadi misalnya kalau dia milih Biro Organisasi, maka bagaimana dia menyelesaikan permasalahan di sana, dan apa solusi yang akan dia tawarkan nantinya,” kata Ranta disela pelaksanaan tes tulis di Aula Bappeda Banten.

Setelah melalui tes tulis ini, puluhan peserta tersebut akan menjalani tes wawancara yang akan dilaksanakan pada Senin (11/12)!mendatang. Seluruh tahapan yang harus diikuti para peserta terdiri dari tes tulis, wawancara, tes kesehatan dan penilaian dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Serta penelusuran rekam jejak peserta oleh Inspektorat.

“Jadi nanti ada kaitannya antara tes penulisan makalah ini dengan wawancara, sebab peserta harua mempresentasekan ide dan gagasannya,” ungkap Ranta.

Anggota kesekretariatan pansel, Heri Purnomo menambahkan, semua peserta lelang jabatan yang lolos telah mengikuti assesment mengikuti tes tulis pembuatan makalah. “Tadi semuanya hadir, tes tulis dimulai sejak pagi hingga siang,” tuturnya.

Heri menambahkan, usai menerima hasil assesment, pansel akan melakukan wawancara akhir dengan peserta.

“Jadi penilaian akhir setelah tes wawancara. Tiga peserta yang meraih nilai tertinggi dari semua tes akan diajukan pansel ke gubernur,” ungkapnya.

Diketahui, tujuh OPD yang hingga kini masih mengalami kekosongan jabatan yaitu Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP), Badan Kepegawaian Daerah, Biro Pemerintahan, Biro Bina Infrastruktur, Biro Umum, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Staf Ahli Gubernur.  (Soe)

Baca juga:

  1. Panwaslu Jadi Bawaslu Kabupaten dan Kota Tahun 2018
  2. DPC PDI-P Masih Bungkam Mengenai Arah Politik Pilkada Bupati Tangerang
  3. 120 Kader PDIP Tangsel Digembleng dalam Pendidikan Kader Pratama

Tinggalkan Balasan